Apa itu CreativeMornings?

CreativeMornings adalah seri kuliah pagi untuk komunitas kreatif. Acaranya terdiri dari kuliah singkat, tanya-jawab, dan sarapan bersama. Diadakan sebulan sekali pada pagi hari, gratis, dan terbuka untuk siapapun.

Maksudnya seperti TEDx, gitu?
Kurang lebih begitu, namun lebih singkat, santai, mudah diakses, dan untuk komunitas kreatif.

Siapa penemunya?
Desainer Tina Roth Eisenberg di Brooklyn, Amerika Serikat, pada tahun 2008. Tina menciptakan CreativeMornings karena ia mendambakan sebuah acara kumpul-kumpul dan diskusi bersama orang-orang sepemikiran dalam nuansa yang intim, ditemani oleh kopi hangat dan sarapan ringan. Sesimpel itu.

Have you ever gone camping and had a campfire session, where you share stories with a group of friends? CreativeMornings departs from that idea.

Sukses?
Banget. Per Juni 2015, CreativeMornings sudah hadir di 116 kota di penjuru dunia, termasuk Jakarta, dan sudah mendatangkan ratusan pembicara dari berbagai latar belakang, mulai dari tokoh-tokoh legendaris sampai ‘pahlawan’ lokal. Dalam istilah CreativeMornings, cabang-cabang di setiap kota ini disebut chapters.

Gimana cara CreativeMornings bertahan untuk tetap gratis?
Di setiap chapter, CreativeMornings diselenggarakan oleh sekelompok sukarelawan. CreativeMornings juga bisa bertahan gratis berkat sponsor-sponsor baik hati serta mitra jangka panjang untuk penyediaan tempat, kopi, sarapan, dokumentasi, stationery, bahkan sumbangan dana.

Gimana cara setiap chapter memilih pembicaranya setiap bulan?
Setiap bulan, kantor pusat CreativeMornings menentukan tema global dalam bentuk kata kunci—Revolution, Education, Ugly, Ink, Humilty, Robot, dan sebagainya—lalu masing-masing chapter akan memilih pembicara lokal sesuai tema tersebut.

Siapakah organizer CreativeMornings Jakarta?
Rofianisa Nurdin dan Wendy Pratama, dua orang arsitek muda dengan segudang minat dan talenta. Sebelum membuka CreativeMornings chapter Jakarta, Rofi sempat hadir di CreativeMornings Singapore, dan sudah berteman baik dengan hostCreativeMornings Bogota.

Kenapa harus ada di Jakarta?
Karena Rofi dan Wendy berpendapat—dan tim CreativeMornings Jakarta setuju—bahwa komunitas kreatif Jakarta sangat menjanjikan, terutama sejak pemerintah mulai mengembangkan industri ekonomi kreatif lima tahun lalu. Kita bisa saksikan sendiri, betapa cepatnya perkembangan komunitas kreatif secara keseluruhan sekarang ini. Definisi ‘industri kreatif’ di Jakarta pun sudah jadi luas sekali.

“Jakarta is full of chaotic infrastructures and corrupt government, but Jakarta is also a city of promise in every layer.

… It’s a crazy city over here in Jakarta, but the craziest thing is that despite all the madness, the people still have their hearts for and within the city on their struggle to survive.”

CreativeMornings Jakarta pertama kali diadakan pada bulan Desember 2014, dengan tema global Education dan pembicara Ary Indra (arsitek). Bulan ini, tema global Creative Mornings adalah Revolution, dan chapter Jakarta menghadirkan Ayu Meutia(penulis) sebagai pembicara.

Gimana, sih, kira-kira bentuk sebuah sesi CreativeMornings?
Pendaftaran dibuka di website diawal minggu hari H. Karena CreativeMornings Jakarta diadakan pada hari Jumat terakhir setiap bulan, maka pendaftaran dibuka Senin. Per hari ini, CreativeMornings Jakarta bertempat di sebuah co-working space bernama Conclave, daerah Petogogan, Jakarta Selatan.

Pada hari H, silahkan datang dan ikuti kuliah pagi bersama pembicara tamu, dengan bahasan yang berhubungan dengan tema global bulan itu. Jangan lupa ambil sarapan ringan dan kopi yang tersedia. GRATIS. We know you love that word.

Oya, kami mulai di jam 8 pagi tepat, maka antisipasilah macetnya jalanan.

Setelah acara diskusi, kamu bisa berbaur dengan peserta lain yang kemungkinan besar adalah orang-orang keren yang sepemikiran dengan kamu. Kira-kira jam 10 pagi, kamu sudah bisa meluncur ke tempat aktivitasmu and start your working day.

Kenapa harus diadakan di pagi hari kerja, sih? Belum tentu saya dibolehkan ngantor telat oleh bos.
CreativeMornings sengaja diadakan di pagi hari kerja untuk menginspirasi dan membakar semangat kerja para pesertanya pada hari itu (dan semoga untuk sebulan ke depan). Kalau bos kamu susah dibujuk, coba tunjukkan tautan ini.

Jangan lupa setel alarm kamu, dan sampai jumpa di Jumat pagi!

 

Facebook: CreativeMornings/Jakarta

Twitter: CreativeMornings/JKT

 Instagram: cm_jakarta